Minggu, 30 Juni 2013

Pukesmas Rawat Inap Sindangbarang


Wilayah Kerja Puskesmas Rawat Ianp Sindangbarang terletak di Selatan Kabupaten Cianjur. Secara administratif Puskesmas Rawat Inap Sindangbarang terletak di Kecamatan Sindangbarang dan gedung Puskesmas sendiri terletak di Desa Saganten. Pada umumnya wilayah Puskesmas Rawat Inap Sindangbarang terdiri dari dataran rendah (60%) dan perbukitan (40%). Tepatnya terletak di 07˚, 27' 10,1001" (LS) Lintang Selatan. 107˚, 08', 19,9" (BB) Bujur Barat. Luas Wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Sindangbarang adalah: 167,95 Km², terdiri dari 11 Desa.

Wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Sindangbarang meliputi 11 ( Sebelas ) Desa, yaitu:
1. Hegarsari
2. Jatisari
3. Kertasari
4. Talagasari
5. Sirnagalih
6. Saganten
7. Jayagiri
8. Muaracikadu
9. Girimukti
10. Mekarlaksana
11. Kertamukti

Jarak tempuh dari PKM Rawat Inap Sindangbarang ke desa terjauh adalah ±14 Km, dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan waktu tempuh ± 2 – 3 Jam. Jarak dari PKM Rawat Inap Sindangbarang ke pusat kota Cianjur (RSUD Cianjur ± 120 Km dengan waktu tempuh ± 5 Jam menggunakan kendaraan roda 4.

Puskesmas Rawat Inap Sindangbarang sebagai unit Pelayanan kesehatan di Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur mengacu pada Standard Pelayanan Minimal atau lebih dikenal dengan Basic Six (Enam Upaya Pokok Puskesmas) yang merupakan Tugas dan Fungsi Pokok Puskesmas, yaitu :

· Promosi kesehatan
· Sanitasi lingkungan
· Upaya Kesehatan Ibu dan Anak serta Keluarga Berencana
· Upaya perbaikan gizi
· Imunisasi dan pemberantasan penyakit Menular
· Pelayanan kesehatan Dasar/ Upaya Pengobatan

Selain upaya –upaya tersebut diatas, Puskesmas Rawat Inap Sindangbarang merupakan Puskesmas Perawatan yang dilengkapi dengan fasilitas Poned, ditambah dengan pengelolaan manajemen Puskesmas dan upaya-upaya tambahan yang dilaksanakan di Puskesmas.

Terakreditasi         : B (Madya)
Kode Puskesmas : P3203020101

Tidak ada komentar:

Posting Komentar